UMS ETD-db

PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JOGYUKENYU (LESSON STUDY) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SEGIEMPAT DITINJAU DARI MINAT BELAJAR (Eksperiment Pembelajaran Pada Siwa Kelas VII Semester 1 SMP N 2 Gatak )

SARI , AMBARI TURBO (2010) PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JOGYUKENYU (LESSON STUDY) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SEGIEMPAT DITINJAU DARI MINAT BELAJAR (Eksperiment Pembelajaran Pada Siwa Kelas VII Semester 1 SMP N 2 Gatak ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
275Kb
[img]
Preview
PDF (Bab I)
26Kb
[img]PDF (Bab II)
Restricted to Repository staff only

86Kb
[img]PDF (Bab III)
Restricted to Repository staff only

102Kb
[img]PDF (Bab IV)
Restricted to Repository staff only

44Kb
[img]PDF (Bab V)
Restricted to Repository staff only

13Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10Kb
[img]PDF (lampiran)
Restricted to Repository staff only

70Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis dan menguji pengaruh model pembelajaran jogyukenyu (lesson study) terhadap prestasi belajar. 2) Menganalisis dan menguji pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. 3) Menganalisis dan menguji interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah semua kelas VII yang terdidri dari delapan kelas dan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelompok eksperimen siswa kelas VII G dengan jumlah 38 siswa, sedangkan kelompok kontrol siswa kelas VIIH dengan jumlah 38 siswa teknik sampling menggunakan cluster random. Metode pengumpulan data adalah metode tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama yang sebelumya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian hipotesis menggunakan α = 5 % menunjukan : (1) FA = 7,15 berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (ii) FB = 90, 75 berarti ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (iii) FAB = 0,14 berarti tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa prestasi belajar menggunakan model pembelajaran jogyukenyu lebih baik dari pada prestasi belajar mengunakan model pembelajaran konvesional. Demikian pula jika ditinjau dari minat belajar siswa, bahwa minat belajar yang lebih tinggi memberikan prestasi belajar lebih baik dari prestasi belajar dari minat sedang maupun rendah.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:A410060239
Additional Information:RAK A410/2011-017
Uncontrolled Keywords:pembelajaran, jogyukenyu, minat, prestasi
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
ID Code:11691
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Apr 2011 10:53
Last Modified:11 May 2011 11:01

Repository Staff Only: item control page