UMS ETD-db

PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA KONDISI CEREBRAL PALSY SPASTIC DIPLEGI DENGAN TERAPI LATIHAN METODE BOBATH DI YPAC SURAKARTA

Wahyudi, Nurma (2008) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA KONDISI CEREBRAL PALSY SPASTIC DIPLEGI DENGAN TERAPI LATIHAN METODE BOBATH DI YPAC SURAKARTA. Tugas Akhir thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]
Preview
PDF
109kB
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

2MB

Abstract

Cerebral palsy adalah kelainan jaringan otak non progresif yang terjadi saat prenatal, neonatal, dan postnatal. Dalam hal ini problematik yang dihadapi pada Cerebral palsy spastic diplegi yaitu akan menimbulkan problem kapasitas fisik berupa spastisitas pada kedua tungkai, sedangkan permasalahan kemampuan fungsional dasar meliputi gangguan keseimbangan saat berdiri dan berjalan dan gangguan fungsional berdasarkan indeks Barthel. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini adalah studi kasus. Setelah diberikan terapi latihan dengan pendekatan berdasarkan problem solving yang dihadapi pasien sebanyak 6 kali terapi dengan menggunakan metode Bobath dengan teknik fasilitasi dan inhibisi didapatkan adanya peningkatan pada keseimbangan saat berdiri dan berjalan. Tetapi pada kemampuan fungsional dasar dan aktivitas hasilnya masih sama.

Item Type:Karya Ilmiah (Tugas Akhir)
ID Number:J100050002
Uncontrolled Keywords:Terapi latihan metode Bobath, Cerebral palsy spastic diplegi, fasilitasi dan inhibisi
Subjects:R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions:Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
ID Code:943
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:12 Feb 2009 05:08
Last Modified:28 Feb 2011 09:19

Repository Staff Only: item control page