UMS ETD-db

PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI (SD IST) AL-ALBANI MATESIH, KARANGANYAR, SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Izhar, Izhar (2008) PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI (SD IST) AL-ALBANI MATESIH, KARANGANYAR, SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]
Preview
PDF
185kB
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

581kB

Abstract

KTSP merupakan bentuk operasional kurikulum dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah. Penyusunan kurikulum ini melibatkan guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan dewan pendidikan. KTSP secara umum bertujuan untuk untuk memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum. Penyusunan KTSP mengakomodasi penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang sudah mulai dilaksanakan sejak diberlakukannya otonomi daerah sehingga dengan penyusunan KTSP memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kesiapan SD IST Al-Albani Matesih bila ditinjau dari komponen-komponen yang harus dipersiapkan dalam pelaksanaan KTSP. Manfaat penelitian ini ialah dapat memberi kontribusi guna menambah khazanah keilmuan terutama dalam bidang ilmu pendidikan. Selain itu, dapat mengembangkan hasil penelitian ini bagi SD IST Al-Albani Matesih agar lebih baik dalam melaksanaan KTSP. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan penelitian lapangan. Cara kerja penelitian ini adalah dengan melihat, mengamati proses di sekolah, sumber data diperoleh dari personal objek penelitian yang kompetensi dan mumpuni, yakni kepala sekolah, wakil kepaa sekolah, guru, dan staf tata usaha SD IST Al-Albani Matesih. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan alur penelitian menggunakan alur intraksionis yaitu, pengumpulan data, reduksi data, pengambilan kesimpulan, dan diakhiri dengan verifikasi. Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan pelaksanaan KTSP di SD IST Al- Albani Matesih meliputi: manajemen berbasis sekolah; analisis konteks; kurikulum dan pembelajaran, tenaga kependidikan, kesiswaan, keuangan dan pembiayaan, sarana prasarana pendidikan, hubungan sekolah dengan masyarakat, dan layanan khusus. Kesiapan SD IST Al-Albani Matesih dengan pendekatan KTSP meliputi: kurikulum mengacu pada KTSP Standar Isi, manajemen yang diterapkan berbasis sekolah mencakup manajemen kurikulum dan pembelajaran, proses pembelajaran, sumber belajar, penilaian berbasis kelas, tenaga kependidikan, keuangan dan pembiayaan, sarana UKS, hubungan sekolah dengan masyarakat, dan layanan khusus. Ketidaksiapan SD IST Al-Albani Matesih dengan pendekatan KTSP adalah kepala sekolah tidak memiliki “ full authority and responsibility” dalam pengambilan keputusan, pengembangan silabus, pembuatan RPP, kesiswaan, sarana dan prasarana yaitu gedung digunakan dengan sistem sewa (belum memiliki gedung sendiri), perpustakaan, ruang kepala sekolah, ruang guru dan tata usaha, lapangan olahraga, masjid, kantin, dan ruang laboratorium IPA. Di samping itu, keuangan sekolah belum terencana dengan baik terkait dengan KTSP. Usaha untuk dapat memenuhi segala kekurangan adalah pengoptimalan profesionalisme kinerja seluruh pelaksana sekolah, baik kepala sekolah, guru dan staf karyawan terkait dengan KTSP dan perencanaan keuangan hendaknya lebih cermat dan proporsional sehingga segala kekurangan baik sarana dan prasarana atau yang terkait langsung dengan KTSP dapat ditutupi dan diatasi.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:G000060089
Uncontrolled Keywords:Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), standar, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Subjects:L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions:Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
ID Code:974
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:20 Feb 2009 02:06
Last Modified:24 Feb 2011 08:27

Repository Staff Only: item control page