UMS ETD-db

PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

HASTUTI, LILIK MUKMINAH DWI (2010) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PADA TK WONOKARTO II WONOGIRI KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]
Preview
PDF
172kB
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

1MB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran yang meliputi : 1) Mengetahui penerapan metode bermain peran sebagai upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak 2) Mengetahui kegunaan metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak. Subyek yang melakukan penelitian adalah peneliti dan rekan guru serta subyek yang menerima tindakan adalah semua anak didik kelompok B TK Wonokarto Wonogiri yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan teknik perbandingan tetap antara hasil data dari catatan lapangan, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak yaitu sebelum tindakan sebanyak (40%) pada Siklus I sebanyak (45%), Siklus II sebanyak (50%) dan Siklus III se- banyak (80%). Hasil kemampuan anak didik dalam pembelajaran bermain pean pada Siklus I sebanyak (40%) pada Siklus II sebanyak (55%) dan Siklus III sebanyak (75%).

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:A520085062
Uncontrolled Keywords:Metode bermain peran, interaksi sosial
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
ID Code:9854
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jan 2011 09:31
Last Modified:11 Jun 2012 05:58

Repository Staff Only: item control page